Kamis, 15 Oktober 2009

Solusi Super KIPS Macet

Katup Super KIPS di Kawasaki Ninja generasi Euro 2 bisa macet. Kalo udah macet, akselerasi & top-speed langsung drop. “Macet karena tumpukan kerak sisa gas buang. Jadi gerak putarnya terhambat. Tapi, nggak perlu diganti. Cukup dibersihin kayak servis kepala silinder,” bilang Freddyanto Basuki, bos divisi servis PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Sejatinya katup Super KIPS buat nambah power. Ia membuka setelah mesin berkitir sampai 7.000 rpm. Di rpm bawah, akselerasi motor bagus karena katup Super KIPS nutup. Sehingga bukaan lubang eksos tidak besar. Di rpm atas, top speed-nya laju karena katup KIPS membuka liang eksos tambahan. Alhasil, gas buang lebih lancar & cepat.

“Super KIPS juga guna memenuhi standar emisi Euro 2. Jika Super KIPS macet, semua tujuannya gak jalan,” jelas Freddy, sapaan Freddyanto Basuki. Dia kasih tips jika Super KIPS macet.
Buka aja karet penutup Super KIPS di depan cylinder-head. Mengeceknya, buka gas ampe 7.000 rpm. Jika gigi-gigi Super KIPS tak bergerak, tandanya komponen ini macet. “Mestinya di rpm 6.000, gigi-gigi Super KIPS mulai gerak dan membuka penuh setelah 7.000 rpm,” jelas Freddy lagi.

Kalo udah ketauan macet, buruan betulin. Bisa dikerjain sendiri kok. Siapin obeng plus, kunci ring 10 dan 8 serta kunci L 5. Mulai dengan buka fairing samping pake obeng plus.

Copot karet pelindung Super KIPS.



Lalu lepas batang pemutar katup Super KIPS. Buka putar ke kanan (Clockwise) pakai kunci ring 10.



Copot rumah Super KIPS. Lepas kedua baut pengunci dengan kunci ring 8. Buka putar ke kiri (Anti Clockwise).



Sekarang sudah tampak mekanis Super KIPS. Awas, buka murnya beda dengan baut umumnya. Buka putar ke kanan (Clockwise). Kencengin, putar ke kiri (Anti Clock Wise).



Sekarang tampak gigi mekanis Super KIPS, perhatikan bagian atas gigi mekanisnya, ada titik. Saat dipasang nanti, titik ini kudu ada di tengah 2 titik yang ada di gigi katup Super KIPS.



Kini, katup penutup Super KIPS sudah kelihatan. Lepas dua baut pengunci katup pake kunci L 5. Mencabut katup mesti bantu cungkil dengan obeng min. Posisi nyongkelnya pilih yang gak ngerusak permukaan kepala silinder.

Sekarang bersihkan. Jika ada cairan carburetor cleaner bisa disemprotkan dulu agar kerak melunak. Kalo nggak ada, kikis aja dengan ampelas halus ukuran 1.000 agar tidak mengikis besi katup.

Setelah itu lumasi dengan grease (oli gemuk) Hi-Temp, bisa merek apa aja. Kalau saya pake grease merek Top 1 kebetulan di gudang ada orang bengkel mesin yg pake oli top 1 sebagai pelumas utk pembakaran suhu tinggi...ukuran 1 kaleng sekitar 20rban kalo ga salah.



Setelah pake grease Hi-Temp..no more macet any more....mo santai or ngebut...ayuh bae juragan......

6 komentar:

  1. super kips motor g kan macet, pas g bawa ke bengkel resmi kawasaki, kok betulinnya engga sesuai dengan cara diatas, mekaniknya hanya buka tutup skips yg disamping, trus di semprotin pembersih karburator. jadi yg bener yg mana nih ?

    BalasHapus
  2. tgl 19 jun 2010, krn s-kips macet, trus ke bengkel bukan resmi kawasaki, s-kips nya dibongkar berikut blok2 nya, dikeluarkan utk dibersihkan, karna mekaniknya bilang kl pake cara diatas utk bereskan s-kips macet, malah bisa bikin baret piston. Makin bingung deh g,jadi ada 3 komentar yg berbeda utk betulin s-kips macet... bingung bo.....

    BalasHapus
  3. tgl 19 jun lalu, s-kips diservis besar ampe habis Rp.250.000,- tapi hari ini, tgl 30 Juni 2010, s-kips g macet lagi, padahal udah setiap hari digeber pada saat dihidupkan, trus udah kebut terus ampe jantung mau copot krn ngejar rpm jadi 7.000 keatas.....
    bener2 menyusahkan nih motor ninja..... musti gimana lagi nih biar s-kips tidak macet ????????

    BalasHapus
  4. Klo cara mencegah agar skips ga macet gimana ya?
    jgn cara menanganinya teruss.

    BalasHapus
  5. cek aja tiap mau di pake, tingal sediain kunci 10, dan goyang goyang deh tu superkip, supaya lancar.

    ok

    BalasHapus