Senin, 12 Oktober 2009

Advancing Super KIPS

Mengakali Biar Super KIPS ngebuka lebih awal...

sebenernya sih ini cara ngakalin Super KIPS supaya ngebuka lebih awal sih...tapi semoga berguna deh bagi nusa dan bangsa...

Super KIPS (Super Integrated Power Valve Sistem) pada Kawasaki Ninja RR bagaikan Variable Timing Valve pada mesin 4-tak mobil canggih. Bedanya Super KIPS bertugas membuka-tutup lubang buang. Fungsi Super KIPS bisa dimaksimalkan dengan mengakali kekerasan per penekan batang pembuka governor. Jadi tanpa korek mesin karakter mesin bisa berubah, tinggal pilih mau enak tarikan bawah atau dahsyat di putaran atas.

Terdiri dari rangkaian per bola sentrifugal dan ring. Pada Ninja RR Standar, bola sentrifugal akan terlempar penuh pada 7.000 rpm.

Bergesernya bola, menekan per dan batang Super KIPS membuka lubang tambahan, sama kaya kerja kopling otomatis pada motor bebek ketika kita menginjak persneling. Nah, kalau mau ngerubah karakter, sisipin aja ring dengan diameter luar 28mm, diameter dalem 15mm dan tebal 1mm pada rangkaian sebelum per, mirip dengan mengganjal per klep.

Hasilnya per menekan lebih keras. Pergeseran bola sentrifugal cepat direspon. Super KIPS pun cepat membuka, cocok untuk mesin rpm tinggi. Kalau masih kurang tambahin aja beberapa ring biar Super KIPS membuka pada putaran lebih rendah.

Jika Ring diletakkan setelah per, efeknya berkebalikan. Pergeseran bola hanya sedikit,
hasilnya bukaan Super KIPS tertunda.

6 komentar:

  1. bukanya klau KIPS dibuka duluan, tarikan bawah jadi gakada... saya dah pernah nyoba... alhasil.. tarikan bawahnya lambat sekali.... apa perlu setting karbunya lagi..??? mohon informasinya broo.... trus asiknya klau KIPS udah kebuka, suara mesin akan lebih keluar karena pembuangannya lebih besar.... tapi permasalahanya masih seperti di atas...

    BalasHapus
  2. biar skips loe pd ptaran rendah ke ptran tinggi stabil sesuai keinginan pd ring pengganjal potong 1 mili (sebelah kanan / kri) inget salah satu aja stel karbu pd torsi maks... (bensin kencing agak bnyk tp ngga begitu ngaruh)met nyoba.... (klo ada pertanyaan posting ja ke blok ini)

    BalasHapus
  3. ditaro di depan ataupun blkg per, bukannya sama aja ya? hasilnya, per jd lebih keras, butuh putaran mesin (RPM) lebih tinggi spy gaya sentrifugal bola2 cukup kuat u/ neken pernya, hingga bisa nggeser tuas di batang super kips..

    Kalo ring ditaro di sebelum tuas batang skips, jelas tarikan bawah jadi lemot...
    Karena, exhaust subport udah terbuka sedikit sejak rpm rendah..

    Kalo mo skips ngebuka lebih awal tanpa harus mbuka exhaust subport sejak rpm bawah, ganti aja pernya dgn per yg lebih lemah..
    opsi lain (ga dianjurkan), cabut aja laher bambu nya spy jarak main per lebih panjang, msh aman kok, krn kerendem oli smua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. susunannya gimana mas bro mulai dari gigi plastik

      Hapus
  4. selain kips nya apa nya lg yng harus d ubah
    bro biar makin asyik tarikan nya
    tampa harus d korek

    BalasHapus
  5. bahan bakarnya di ubah pake BENSOL

    BalasHapus