Senin, 26 Oktober 2009

Contoh2 modifikasi Ninja 150 RR

Bike: Kawasaki Ninja RR
Chassis: KRR150
Engine: 1878 Super Kips Engine
Suspension: OEM (fr), Ohlins (rr)
Brakes: Nissin GSX 750 with NSR RR rotor(fr), OEM (rr)
Wheels: Enkei Racing 17x1.85 (fr), 17x3.00(rr)
Tyres: Bridgestone Battlax BT090 100/70 (fr), 120/70(rr)
Fuel: AVGAS (race), Pertamax Plus (daily)
Oil: Shell Racing-X (2T), Conoco 10-40W (Engine), Motul DOT 5.1 (brakes)

Internal Engine Mods:
OEM piston and ring, port & polish, cylinder sleeves, Boyesen 755 reed valve

External Engine Mods:
CMS racing exhaust system, Keihin PWK racing carburetor (open air), Daytona racing throttle cable, Daytona front master cylinder brake system, GPR braided brake lines, Ferodo racing brake pads

Drivetrain:
OEM gearbox and clutch, Daytona racing clutch cable

Bodyworks:
OEM Lime Green colour, half naked fairing, Yoshimura racing steps, Nova Dash side blinkers




 
















Bike: Kawasaki Ninja RR
Chassis: KRR150
Engine: 1878 Super Kips Engine
Suspension: OEM (fr), Ohlins (rr)
Brakes: Nissin GSX 750 with TZM fully floating rotor(fr), OEM (rr)
Wheels: Enkei RS 17x2.15 (fr), 17x2.85(rr)
Tyres: Bridgestone Battlax BT090 100/70 (fr), 120/60(rr)
Fuel: AVGAS (race), Pertamax Plus (daily)
Oil: Shell Racing-X (2T), Repsol Competition (Engine), Motul DOT 5.1 (brakes)

Internal Engine Mods:
OEM piston and ring, port & polish, cylinder sleeves, aprilia carbon reed valve

External Engine Mods:
CMS racing exhaust system, Keihin PJ34 racing carburetor (open air), Daytona racing throttle cable, Nissin front master cylinder brake system, HEL braided brake lines, SBS racing brake pads

Drivetrain:
OEM gearbox and clutch, Daytona racing clutch cable

Bodyworks:
Smarag Black Mercedez Benz colour by sikkens, half naked fairing, Nova Dash side blinkers











Ninja 250R 2008 Modifikasi ala MotoGP

erikut ini adalah beberapa gambar modifikasi ninja 250R.Tema yang diadopsi adalah Road race atau superstok or supersport...
Just enjoy this picture!


 

Kamis, 15 Oktober 2009

Solusi Super KIPS Macet

Katup Super KIPS di Kawasaki Ninja generasi Euro 2 bisa macet. Kalo udah macet, akselerasi & top-speed langsung drop. “Macet karena tumpukan kerak sisa gas buang. Jadi gerak putarnya terhambat. Tapi, nggak perlu diganti. Cukup dibersihin kayak servis kepala silinder,” bilang Freddyanto Basuki, bos divisi servis PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Sejatinya katup Super KIPS buat nambah power. Ia membuka setelah mesin berkitir sampai 7.000 rpm. Di rpm bawah, akselerasi motor bagus karena katup Super KIPS nutup. Sehingga bukaan lubang eksos tidak besar. Di rpm atas, top speed-nya laju karena katup KIPS membuka liang eksos tambahan. Alhasil, gas buang lebih lancar & cepat.

“Super KIPS juga guna memenuhi standar emisi Euro 2. Jika Super KIPS macet, semua tujuannya gak jalan,” jelas Freddy, sapaan Freddyanto Basuki. Dia kasih tips jika Super KIPS macet.
Buka aja karet penutup Super KIPS di depan cylinder-head. Mengeceknya, buka gas ampe 7.000 rpm. Jika gigi-gigi Super KIPS tak bergerak, tandanya komponen ini macet. “Mestinya di rpm 6.000, gigi-gigi Super KIPS mulai gerak dan membuka penuh setelah 7.000 rpm,” jelas Freddy lagi.

Kalo udah ketauan macet, buruan betulin. Bisa dikerjain sendiri kok. Siapin obeng plus, kunci ring 10 dan 8 serta kunci L 5. Mulai dengan buka fairing samping pake obeng plus.

Copot karet pelindung Super KIPS.



Lalu lepas batang pemutar katup Super KIPS. Buka putar ke kanan (Clockwise) pakai kunci ring 10.



Copot rumah Super KIPS. Lepas kedua baut pengunci dengan kunci ring 8. Buka putar ke kiri (Anti Clockwise).



Sekarang sudah tampak mekanis Super KIPS. Awas, buka murnya beda dengan baut umumnya. Buka putar ke kanan (Clockwise). Kencengin, putar ke kiri (Anti Clock Wise).



Sekarang tampak gigi mekanis Super KIPS, perhatikan bagian atas gigi mekanisnya, ada titik. Saat dipasang nanti, titik ini kudu ada di tengah 2 titik yang ada di gigi katup Super KIPS.



Kini, katup penutup Super KIPS sudah kelihatan. Lepas dua baut pengunci katup pake kunci L 5. Mencabut katup mesti bantu cungkil dengan obeng min. Posisi nyongkelnya pilih yang gak ngerusak permukaan kepala silinder.

Sekarang bersihkan. Jika ada cairan carburetor cleaner bisa disemprotkan dulu agar kerak melunak. Kalo nggak ada, kikis aja dengan ampelas halus ukuran 1.000 agar tidak mengikis besi katup.

Setelah itu lumasi dengan grease (oli gemuk) Hi-Temp, bisa merek apa aja. Kalau saya pake grease merek Top 1 kebetulan di gudang ada orang bengkel mesin yg pake oli top 1 sebagai pelumas utk pembakaran suhu tinggi...ukuran 1 kaleng sekitar 20rban kalo ga salah.



Setelah pake grease Hi-Temp..no more macet any more....mo santai or ngebut...ayuh bae juragan......

Senin, 12 Oktober 2009

pengaruh spuyer, jarum, skep, dan putaran gas



klik thumbnail yak, thanks!

Khasiat sudut squish




Panduan Jetting

ini ada panduan jetting.. cuma ane juga lagi mau belajar..
kebetulan seperinya karbunya juga mikuni VM series jadi mirip sama bawaan Ninja RR.



kalo ada yng mau ditanyakan.. silahkan tanyakan.. biar ntar yang lain jawab


buat manualnya bisa di download dimari http://freeshopmanual.com/uploads/pd...ing-Manual.pdf


Masalah Karburator pada Kawasaki Ninja 150RR

Masalah Karburator pada Kawasaki Ninja 150RR

Rata-rata keluhan para pengguna Ninja bersumber dari permasalahan di karburator.

Untuk model Ninja RR problem yang kerap ditemui adalah bukaan gas yang suka 'nyangkut'. Gejala ini bisa dideteksi dengan terasa beratnya grip gas atau putaran mesin tidak langsung turun saat gas dipelintir dalam-dalam. "Tabung skep tidak memiliki lapisan krom sehingga pergerakan naik turunnya tabung kurang lancar,"

Padahal, lanjutnya, kenikmatan mengendarai sebuah sepeda motor salah satunya dari karakter mesin yang mudah dikendalikan lewat respons pada 'betotan' gas-nya.

Solusi yang paling jitu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti tabung skep karburator standar tadi dengan milik karburator Keihin PE 28. Bisa juga menggunakan tabung skep PWL 28 . Jika punya dana cukup, solusi paling mudah dengan mengganti total karburator standarnya dengan karburator Keihin PWK 28 atau Keihin PE 28 milik Honda NSR SP.

Setelah itu jangan lupa merawat kebersihan karburator dengan menjaga kebersihan saringan udara/air filter. Gunakan produk orisinal karena dari produsennya sudah dirancang untuk melayani kebutuhan Ninja.

Rutin membersihkan karburator dua bulan sekali juga baik untuk menjaga performa motor tetap optimal. Jika sering melintasi jalan berdebu, rutinitas pembersihan karburator bisa dipercepat.
anti_slank is offline  

Karburator Mikuni VM 28 Bawaan Ninja 150RR


karburator Mikuni Vm 28 yang terdapat di Ninja RR..




 


Substitusi Kampas Kopling Ninja 150 Dengan Scorpio



 


Animasi Sederhana Cara Kerja Mesin 2 Tak

Silahkan anda kLik di sini : http://www.vf750fd.com/blurbs/Two_Stroke/two-stroke_c.gif

Tutorial Pasang Footstep Underbone

Nih tutorial pasang footstep underbone merk pro performance, ada picnya lho huheuehue, klo ga salah semalem ada yg tanya, begini ceritanya :

Langkah pertama pemasangan footstep untuk bagian tuas pengungkit gigi:

1. Siapkan peralatannya, kunci2, footstep, baut2 dll

2. Buka footstep yg lama pakai kunci L klo ga salah L 5 (langsung saja copotin) jadi sisa tuas pengungkit gigi saja sekarang.

3. Buka rumah gear depan



(lepasin baut yg di bawah n samping, sisa 1 yg atas kendorin aja)
4. terus pada bagian tuas (di bawah rumah gear) bakal ada ring penjepit yg nahan kepala tuasnya yg bentuknya seperti ini.



cara bukanya pake tang yg ujungnya kecil, masukin ke antara ujung2 ringnya trs buka tangnya bersamaan, mgkn sampai beberapa kali baru lepas huehueh keep trying.

5. Masukan kepala-mu ke bawah mesin, telusuri jalur tuas pengungkit gigi yg lama, nah nanti ketemu tuh penjepit-nya (yg buletan dan cuma ada gerigi di bagian dalem n ada baut di sampingnya buat ngencengin), terus kendorin bautnya sampe kira2 tuh gerigi bisa copot. Bentuknya seperti ini:





6. Terus copot rumah gear depan sambil perlahan tapi pasti congkel2 dikit tuh penjepit gigi yg bergerigi tadi sampai lepas semua satu set tuas pengungkit giginya.



7. Nah sekarang semua dah lepas, untuk pemasangannya lebih gampang, gue rasa ga perlu di jelasin dah tau deh, gambar terkadang bisa lebih menjelaskan daripada kata2, begini gambar pemasangannya.




Inget posisi ujung pipa dipasang di bagian dalamnya bukan di luar plat kepala tuas pengungkit, seperti ini:




Note:
- Baut nya pake baut 10, beli yang agak panjang, ada kemungkinan tidak pas n harus potong2 bautnya

- Pipa panjang penghubung tuas n footstep bisa di panjangin, caranya putar ke arah kiri mur di ujung2 pipanya trs puter ujung pipa ke arah kiri juga untuk memperpanjang.

- Plat kepala tuas pengungkit yg ada gerigi (dapet klo beli footstep) sebaiknya di las kembali sekelilingnya supaya lebih kuat, buat jaga2 biar tidak patah.

Advancing Super KIPS

Mengakali Biar Super KIPS ngebuka lebih awal...

sebenernya sih ini cara ngakalin Super KIPS supaya ngebuka lebih awal sih...tapi semoga berguna deh bagi nusa dan bangsa...

Super KIPS (Super Integrated Power Valve Sistem) pada Kawasaki Ninja RR bagaikan Variable Timing Valve pada mesin 4-tak mobil canggih. Bedanya Super KIPS bertugas membuka-tutup lubang buang. Fungsi Super KIPS bisa dimaksimalkan dengan mengakali kekerasan per penekan batang pembuka governor. Jadi tanpa korek mesin karakter mesin bisa berubah, tinggal pilih mau enak tarikan bawah atau dahsyat di putaran atas.

Terdiri dari rangkaian per bola sentrifugal dan ring. Pada Ninja RR Standar, bola sentrifugal akan terlempar penuh pada 7.000 rpm.

Bergesernya bola, menekan per dan batang Super KIPS membuka lubang tambahan, sama kaya kerja kopling otomatis pada motor bebek ketika kita menginjak persneling. Nah, kalau mau ngerubah karakter, sisipin aja ring dengan diameter luar 28mm, diameter dalem 15mm dan tebal 1mm pada rangkaian sebelum per, mirip dengan mengganjal per klep.

Hasilnya per menekan lebih keras. Pergeseran bola sentrifugal cepat direspon. Super KIPS pun cepat membuka, cocok untuk mesin rpm tinggi. Kalau masih kurang tambahin aja beberapa ring biar Super KIPS membuka pada putaran lebih rendah.

Jika Ring diletakkan setelah per, efeknya berkebalikan. Pergeseran bola hanya sedikit,
hasilnya bukaan Super KIPS tertunda.